Minggu, 25 Maret 2012

Bunga Bakung (Lily)

Assalamualaikum!!

Hallo, hallo, minna-san!
Lagi seneng nulis entri nih, hehee...

Kemaren ane dikasih pertanyaan begini : "Menurutmu, teman baikmu itu seperti bunga apa?"
Tadinya ane mau jawab : "Bunga bangke!"
Tapi jahat juga ya? ivanjaya.net

Jadi, ane tulis sifat temen ane ini dan cari bunga yang sesuai di mbah Google dan hopla! Ane dapet! Begitu liat bunga ini ane terpana, Fire Lily, namanya keren amat!

Jadi, ane nyari jenis-jenis bunga Lily. Siapa tau ada yang pake penjelasan dan bentuk bunganya.
Tapi hasilnya, nol! Aaaaah, ane jadi kesel sendiri. Akhirnya ane memutuskan biar ane yang bikin. ivanjaya.net

Cape juga nyari infonya, bunganya juga banyak banget, jadi ane cuma ngebahas bunga Lily yang terkenal aja yaaa.... ivanjaya.net

Well, enjoy!




Bunga Lily atau bunga bakung, merupakan bagian dari genus Lilium. Ada sekitar 100 suku dalam keluarga bakung (Liliaceae).

Tanaman ini bisa menyesuaikan diri dengan habitat hutan, seringkali pegunungan, dan terkadang habitat rerumputan. Beberapa mampu hidup di rawa. Pada umumnya tanaman ini lebih cocok tinggal di habitat dengan tanah yang mengandung kadar asam seimbang.

Bakung biasanya memiliki tangkai yang kokoh. Kebanyakan suku bakung membentuk umbi polos di bawah tanah.


1.Lilium auratum (Bakung Cahaya Emas Jepang)


Di Jepang disebut Yamayuri yang berarti Lily / Bakung gunung. Dia berasal dari Jepang dan terkadang disebut juga sebagai Golden Rayed Lily of Japan.




2. Lilium candidum (Bakung Madonna)


Salah satu dari keluarga Lily. Bunga ini berasal dari Balkans dan Asia Barat. Membentuk umbi pada permukaan tanah, dan tidak seperti bakung pada umumnya, bunga ini tetap mempunyai calon daun di musim dingin, yang kemudian mati di musim panas.

Bunganya yang berwarna putih dan kuning kemerahan dipangkalnya muncul pada akhir musim semi dan menyebarkan wangi pada musim panas.




3. Lilium lancifolium (Bakung Macan)


Spesies bakung yang berasal dari daerah utara dan timur Asia, termasuk Jepang. Salah satu jenis bakung yang diberi nama umum bakung macan dan lebih banyak dikenal melalui nama ini.
Berbunga pada akhir waktu periode singkat sebelum mereka layu dan digantikan oleh bunga baru.




4. Lilium longiflorum (Bakung Paskah)


Disebut juga Bakung November. Bunga ini merupakan tanaman asli Kepulauan Ryukyu, Jepang. Di Jepang, bunga ini disebut dengan Teppouyun. Tumbuh di ladang, padang rumput dan daerah sejuk.

Bunga ini sangat beracun bagi kucing.




5. Lilium martagon (Bakung Martagon atau Bakung Peci Turki)


Bunga ini berasal dari daerah luas mulai dari daerah timur Prancis Timur melewati daerah utara Asia sampai Mongolia dan Korea.

Bunganya biasanya berwarna pink keunguan, dengan titik-titik hitam, tapi cukup bervariasi, mulai dari keputihan hingga kehitaman dan wangi.




6. Lilium michauxii (Bakung Carolina)


Dapat ditemukan di daerah tenggara Amerika Serikat dari Virginia Barat di Utara sampai Florida di selatan sampai Texas di barat. Biasanya muncul pada saat musim panas di bulan Juli dan Agustus tapi bisa juga ditemukan berbunga sampai Oktober.

Kelopaknya menekuk ke belakang dan berbintik-bintik. Daerah warnanya mulai dari kuning kejinggaan sampai merah untuk bagian belakang kelopak dan merah keunguan sampai coklat untuk bintiknya.



7. Lilium pardalinum (Leopard Lily / Bakung Macan Tutul)


Berasal dari Oregon dan California dan biasanya tumbuh di area lembab. Wilayahnya meliputi daerah California yang dipenuhi semak-semak dan pohon-pohon kecil dan pegunungan Nevada.

Bunganya berbentuk seperti peci, berwarna merah kejinggaan dengan banyak bintik coklat. Biasanya berbunga di bulan Juli.



8. Lilium canadense (Bakung Kanada)


Disebut juga Bakung Meadow. Berasal dari daerah timur Amerika Utara. Bunganya muncul di bulan Juni dan menghadap ke bawah, kuning, jingga atau merah, dengan bintik-bintik.
Berada di padang rumput yang lembab dan celah kayu.



9. Lilium bulbiferum (Fire Lily / Bakung Api)


Disebut juga Bakung Jingga. Bunga ini umum ditemukan di gunung di daerah pusat dan selatan Eropa dari Pyrenees sampai daerah utara Balkans.

Tumbuh di padang rumput gunung dan bebatuan. Lebih menyukai tanah berkapur yang hangat, tempat cerah tapi juga tumbuh di tanah yang sedikit asam.

Dalam kebudayaannya, Bakung Api sudah lama diakui sebagai simbol Orange Order (organisasi politik protestan di Irlandia Utara). Dalam Hanakotoba, bahasa bunga di Jepang, Bakung Api melambangkan kebencian atau dendam bila diberikan sebagai hadah.




10. Lilium Speciosum (Bakung Jepang)


Berasal dari Jepang. Warna bunganya putih sampai merah muda dan cukup wangi. Berbunga lebih lambat dari jenis lainnya.





Gimana? Gimana? Gimana?
Cantik-cantik kan?ivanjaya.net

Btw, mama pernah bilang begini :
"Sebagai seorang wanita, paling tidak kamu harus punya sedikitnya satu bunga yang kamu sukai"

Dan ane milih Camellia Sasanqua. ivanjaya.net Ga secantik Lily ato mawar sih, tapi ane punya perasaan mendalam pada bunga satu ini. (ceilaaah...)
Kenapa ga dibahas?
Nantiii.... Sabaaarr.... #eaaaa

Tapi menurut ane, seharusnya ga cuma wanita yang harus menyukai bunga. Pria juga harusnya suka, apalagi yang muslim. Kan Allah menyukai sesuatu yang indah, jadi kita juga harus menjadi indah.ivanjaya.net
Lagipula ga rugi kok suka sama bunga. ^^

Dengan melihat bunga dan mencium wanginya, pikiran-pikiran berat ato ke stresan kita bisa menghilang sedikit lho...
Makanya wanita-wanita yang jadi floris itu biasanya tenang, cantik dan lembut. ivanjaya.net

Semoga bermanfaat!!

Ja ne!!
ivanjaya.net

Tidak ada komentar:

Posting Komentar